Kamis, 27 Desember 2012

AYAM BETUTU KHAS GILIMANUK & NASI CAMPUR BALI

Ini dia…ayam olahan khas Bali dengan bumbu sangat khas yang saya sangat suka. Ayam Betutu. Mungkin beberapa dari Anda pernah denger ada ayam betutu di Gilimanuk ‘Me Tempeh’ yang sangat terkenal itu, dan cukup sering diulas oleh media. Tidak perlu jauh-jauh, Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini bisa juga dinikmati di Denpasar, Tuban-Kuta, dan Nusa Dua. Kali ini saya pergi ke cabang Nusa Dua. Ciri khas restoran ini dari luar adalah adanya maskot Tokoh Lawak tradisional Bali si ‘ndut Dolar dari duet terkenal drama tradisional Bali : Petruk Dolar, saya sendiri udah pernah sekali nonton lawakan mereka di Ubud, walau nggak ngerti basa Bali yang dipakai, tapi tingkah lakunya aja udah bikin ketawa. Dan mereka sangat kondang loh di Bali!

Ayam Betutu
Ayam Betutu
Ayam Betutu itu memang sangat khas sekali bumbunya, nggak bisa ngejelasin detail apa aja di dalamnya, pokoknya segala macam bumbu,rempah-rempah khas Bali, ayamnya diungkep lama biar meresap banget bumbunya. Tapi di restoran ini nggak cuma jual Ayam Betutu, saya justru saat datang nyicipin makanan disini lebih memilih Paket Nasi Campur Khas Bali, Lawar Ayam, Sop Ares,dan Plecing Kangkung.
- Paket Nasi Campur Khas Bali itu terdiri dari:
Nasi Putih
Sate Lilit Bali
Pepes Ayam
Ayam Suwir
Plecing Kangkung
1/2 Butir Telor rebus
Kacang tanah goreng
Imut banget kalo pesen bawa pulang, kita akan dikasih sama piring bambunya sekaligus, disebut ‘Ingke’, dan dimasukin dalam kotak lagi!
Nasi Campur Bali – Rp 25,000
- Sop Ares Bebek
Walau nggak suka bebek, tapi Aresnya yang saya suka. Dibuat dari batang pohon pisang (sodaraan sama pohon kelapa, pisang itu juga hampir bisa digunakan untuk banyak keperluan seluruh pohon, buah, batangnya), enak sekali rasanya kres..kres gitu, seger.
Sop Ares Bebek
Sop Ares Bebek (lupa harganya,euy)
- Sate Lilit Bali
Khas banget, dagingnya ayam, bukan ikan tuna seperti biasanya ditemui di Bali, batangnya pake tusuk bambu, unik. Sedikit catatan.Tusuk sate di Bali banyak yang pakai batang kelapa atau bambu, nggak seperti di Jawa yang pakai tusuk lidi kecil.
Sate ayam lilit @Rp 1500/pc
Sate ayam lilit @Rp 1500/pc
- Plecing Kangkung
Kangkung rebus dengan sambal pedas, sebenernya ini khas Lombok, tapi juga sudah jadi makanan khas di Bali. Kangkungnya dari Lombok yang paling enak!
Plecing Kangkung - Rp 4000,-
Plecing Kangkung – Rp 4000,-
- Lawar Ayam
Berbeda dengan Lawar Bali yang biasa ditemui di banyak warung/tempat makan di Bali, Lawar Ayam di Restoran Ayam Betutu Khas Gilimanuk ini hanya menggunakan daging ayam dan nangka muda (nangka inilah salah satu bahan utama Lawar) dan bumbu khas Bali lainnya, dan yang pasti TIDAK menggunakan darah!
Lawar Ayam - Rp 7000,-
Lawar Ayam – Rp 7000,-
Catatan buat yang mau makan disini :
- Semua makanan disini pakai daging ayam, termasuk pepes dan satenya, cuma Sop Ares aja yang ada sedikit suwiran bebeknya, jadi jangan khawatir untuk masalah halalnya.
AYAM BETUTU KHAS GILIMANUK & NASI CAMPUR BALI
- Jl. Merdeka no.88, Tel (0361) 263464, Renon, Denpasar
- Jl. Buluh Indah no.51X, Tel (0361) 7407509, Denpasar
- Jl. Raya Tuban no.2X, Tel (0361) 757535, Kuta
- Jl. By Pass Ngurah Rai no.89, Tel 08123853232, Nusa Dua
Restoran ini juga juga buka cabang di Jakarta dan Yogyakarta, llloh!…

0 komentar:

Poskan Komentar