Bali selalu memberi inspirasi pada saya,
keunikannya tak pernah habis untuk dikupas. Keseniannya tak kunjung
mampu dipahami dalam satu roda kehidupan, salah satunya adalah seni
wayang kulit Bali. Bagi para pecinta kesenian ini tentu tak asing lagi
dengan karakter punakawannya.
Dalam pewayangan Bali, ada 4 karakter punakawan yg bisa menjadi
renungan: 1) Tualen. 2) Merdah. 3) Sangut. 4) Delem. Mereka “mewakili”
sikap miliaran manusia yang dirangkum ke dalam 4 gambaran umum.
Dari para punakawan ini, sadar atau tak sadar, masyarakat Bali memetik sikap: Kita memilih berperan seperti siapa?
Pertunjukan wayang kulit bali(karakter dalam gambar : Delem dan Sangut) |
Setidaknya masyarakat Bali yang suka pewayangan akan malu bercermin
pada Delem, yg selalu pongah dalam ketidaktahuannya. Minimal kita bisa
merenung, kalau tidak tahu sebaiknya kita “tahu kalau kita tidak tahu”,
ini sikap Sangut. Idealnya kita seperti Tualen, sekalipun ia paham dan
tahu, dia tidak bersikap absolut
Dalam dunia pewayangan, dari kaca mata para punakawan, dunia perasaan
dan kemanusiaan diteliti dan dilihat dalam banyak perspektif. Delem
selalu jadi tertawaan di Bali sebab Delem bersikap paling tahu di tengah
ketidaktahuannya. Merdah yang “tahu dirinya tahu”, percaya diri dan
berpengetahuan luas cenderung tergoda memaksakan sikap dan pikirannya.
Sketsa Miguel Covarrubias |
Dari Merdah orang Bali belajar bahwa sekalipun pemikiran kita yang
benar, yang benar-benar lurus, kalau dipaksakan ke orang lain, cara
memaksa ini yang mengundang perdebatan. Cara Merdah yg paling tahu
membuat dia terpancing arogan. Dari Merdah kita diajak belajar bahwa
kebenaran harus dijalankan dengan cara-cara yang benar. Cara-cara benar
itu ada pada Tualen, yang penuh kearifan membabarkan kebenaran, tanpa
paksaan, tanpa menggurui, penuh kesantunan dan kesederhanaan. Secara
kontemplatif.
Kebenaran menjadi mentah dan tampak dangkal jika disampaikan dengan
tutur keras dan perilaku bermusuhan. Orang Bali yg mencintai wayang akan
dibuat sadar, kebenaran menjadi sempurna bukan dalam diri Merdah, tapi
dalam diri Tualen: Kebenaran menjadi sempurna dalam kesederhanaan tutur,
kemuliaan hati, santunan, dan kesahajaan sikap.
Para dalang selalu mengingatkan: Rwabhinneda itu ada dalam diri manusia. Kala ya, Dewa ya.
Kalau kita terbersit rindu menonton wayang, barangkali kita rindu
menjenguk Tualen, Merdah, Sangut dan Delem yang keempatnya ada dalam
diri kita. Mereka silih berganti muncul dalam kehidupan nyata, pikiran
dan diri kita menjadi kelirnya.
Kalau lama tak menonton wayang di luar sana, lewat tulisan ini,
sebagai sahabat-kenalan-teman seperjalanan-saudara, mengundang
setidaknya menonton layar di dalam diri. Tentunya lebih indah menonton
wayang di luar sana, sambil menertawakan Delem dalam diri. Ironisnya,
saya sering melihat diri saya ditertawakan Delem. :)
0 komentar:
Posting Komentar